Hai. 

Apa kabar?

Jadi pada libur kemaren yang sekalian bertepatan dengan hari raya idul adha, gue mengunjungi kota Surabaya. Ketika oma opa gue bertanya apakah gue mau ikut mereka (mereka means oma opa dan tante gue beserta sepupu gue itu) buat ke Surabaya, tanpa mikir banget gue langsung bilang mau. Padahal kalo dipikir-pikir mah, Surabaya ga ada bedanya ama Jakarta, sebetulnya. I mean….kota besar dengan malls everywhere….(?). Walaupun eventually kami juga berlibur ke kota Malang dan sekitarnya sih. But I wont tell about it in this post, maybe ntar kalo gue ga males buat ngetiknya atau simply lo bisa liat hal apa apa aja yang menurut anggapan gue keren saat gue mengunjungi kota Malang dan Surabaya di liburan ini melalui instagram gue : @monicnicta8 @monicnicta8 @monicnicta8 @monicnicta8 @monicnicta8 @monicnicta8

Hehehe.

Anyway, Surabaya..yeah, gue jelas mau banget waktu diajakin. Terakhir kali gue kesana adalah 7 tahun yang lalu, dan tahun-tahun setelah itu gue nggak pernah punya alesan buat bisa pergi mengunjungi kota itu lagi. Well, that city contains lots of childhood memories of course. Grandparents’ house and all those christmas movies, jaman jaman gue ngumpet-ngumpet masuk ke kamar pembantu di rumah oma opa gue buat main Nintendo, jaman jaman gue nemenin pembantu (sebut saja namanya mas Mul) di rumah oma opa gue beli udang kecil-kecil di pasar ikan deket rumah karena dia pelihara ikan sebajek bajek dirumah itu, jaman jaman gue masih bisa main ujan ujanan sama ikan ikannya. Aduh…there were some kind of memories yang sampai sekarang lo masih bisa inget betul rasanya kan ya? You feel me? Hahahahah. 

Kangen.

Dan kemaren gue mendapat kesempatan berkunjung kerumah itu lagi. Rumah yang sudah sangat termodernisasi dan sekali lagi membuat gue bertanya-tanya apakah setiap perubahan itu memang harus adanya. Hahahahaha. 

Oke, anggap lah gue berlebihan. Tapi ketika lo berkunjung lagi kerumah yang memberikan banyak kenangan manis buat elo dulu, lo nggak akan sebegitu gampangnya nerima bahwa ada orang yang bisa merusak itu. Oke, merusak mungkin kata yang keras, tapi itulah yang gue pikirkan ketika kembali lagi kesitu. Rumah itu mengalami “pemugaran” meskipun ketika gue terakhir kali kesana, rumah itu nggak rusak dan nggak kurang satu apapun. Pemakainya sekarang aja yang sampe niat niatnya ngasih AC di dalem garasi….hh.

Anyway, anggaplah gue berlebihan (lagi), tapi satu hal yang menurut gue keren dari Kota Surabaya–terutama lingkungan rumah oma opa gue dulu adalah …….CAHAYA MATAHARI PUKUL EMPAT SORE.

geez, gue nggak akan bisa lupa itu, dari dulu sampe sekarang. Kemaren wakru gue kesana, masih sekitar jam setengah 4an, lalu gue tungguin sampai akhirnya sampai kurang lebih jam 4sorean, dan gue akhirnya ngerti kenapa gue sampe sekarang suka banget sama cahaya matahari jam 4 sore. Dulu waktu kecil di kamar oma opa gue, sinar matahari jam 4 sore yang warnanya kuning-semu-oranye-tapi-nggak-gelap masuk dari jendela kamar mereka yang besar-besar itu, pas banget sama perabotan dan interior jadul di rumah itu, dan menurut gue itu konspirasi semesta yang sangat keren sekali. Lo bayangin nih, rumah arsitektur belanda yang jendela dan rujinya besar-besar itu, pantulan sinar mataharinya masuk. Rasa freaknya hampir sama kaya freak kalo ngeliat Jakarta pas malem-malem dimana gedung gedung tinggi pada nyalain lampunya. Meanwhile now, karena gue udah agak kesel sama pemugaran interiornya, jadi berasa sedih aja vibesnya udah ga semagical dulu (aelah mateehh). 

So yeah, this holiday is total fun. 

Meskipun yeah sekali lagi, sedikit banyak ada rasa ga rela nya. Dulu perumahan itu tergolong nggak rame, dan masih banyak rumah rumah arsitektur belandanya gitu (karena setelah diceritain temen gue, gue baru tau kalo kawasan perumahan itu emang mayoritas isinya orang orang belanda jaman dahulu. Hohoho…aing noraq). Sekarang di sebelah rumah oma opa gue dulu udah dibangun KFC dan seberangnya mau dibikin apartemen kecil….jalan dikit udah ada Indomapfft. Emang accesnya jadi enak sih….tapi…..BAYANGKANLAH 😢😢😢 

Ket : itu yang ada jendela di ujung, itu dulu kamar tante gue, kamar paling terang sekaligus agak scary sih hohoho. Dan disebelahnya dulu masih lorong taman gitu, gue pakai buat melihara ikan-ikan kecil di aquarium bekas punya mas Mul dulu hehehe. 

Ket : itu yang dibelakang kandang diantara rumah utama sama garasi, dulu ada taman tengah yang lebih luas dari itu. Asyik kalo buat main ujan ujanan atau main layangan sore-sore dibantuin sama mas Mul dulu. Meanwhile now………

Dan oh ya satu lagi yang sangat khas. Karena itu masuk golongan rumah lama (baca : kuno), dulu masi pake AC yang ditanem di tembok dan cuma ada tombol on off doang di saklar kontrolnya, lo nggak bisa ngatur volume suhu AC nya, tapi dulu asik asik aja sih. Hahaha. Saklar AC nya kaya gini bentukannya, tapi yang di bawah ini gue ambil foto saklar pompa air di kamar mandi.

Yeah seenggaknya gue bisa berterimakasih sama semesta karena udah mempertemukan gue lagi secara singkat dengan rumah dan keseruan-keseruan di Kota kota ini.  Bytheway, postingan ini diketik pukul 4 sore lebih 6 menit, ditemani lagu Love Is Blue nya Claudine Longet, Five Hundred miles, dan All I have to do is dream-nya Everly Brothers karena gue inget aja itu dulu lagu-lagu yang nyantol di gue yang di setel sama opa gue di kamarnya. Hehe. 

Bye, 

See you on the next journey

-junk

P.s sepupu gue yang bandel nan ngangenin itu udah bisa lelep-lelepan tahan napas buat berenang. Ku bahagia.