Hai.

Tahun lalu, gue pernah berkeinginan untuk pergi ke pantai. Meskipun perencanaan dan persiapannya sudah cukup matang, ternyata waktu itu semesta belum ngizinin gue. 

Tahun ini, gue akhirnya bisa menikmati untuk pergi ke pantai dan camping di pinggir pantai. Walaupun cuma satu malam, menurut gue, itu udah cukup banget sih. Menikmati pantai dari sore > sunset > gelap > tengah malam > banyak bintang > subuh > sunrise > siang > ketemu sore lagi…..bersyukur banget gue dikasi kesempatan ngerasain dan ngeliat secara langsung pengalaman semacam itu. Bucketlist checked! 

Jadi pada tanggal 21-22 Oktober kemaren gue berkunjung ke salah satu pantai di daerah selatan, daerah gunung kidul, wonosari, daerah istimewa Yogyakarta. Pantainya di daerah sana sih banyak tapi kita specifically milih satu pantai doang sekalian buat ngecamp. Suatu malam, temen gue (sebut saja Ferdi) tiba-tiba whatsapp dan bilang “Tanggal 21 kita mau ngecamp di sanglen. Yoh, melu! (Ayo, ikut!)”. Gue yang nggabisa bilang enggak pada apapun yang berbau pantai jelas langsung excited, ngga peduli bakal sejauh dan secapek apapun perjalanannya entar. So yah.

Akhirnya pagi kita ngumpul di rumah salah satu temen gue, ngitung duit iuran, persiapan bentar, lalu berangkat dan sampai disana pas jam 5 sore, pas dapet sunset ga lama kemudian. Kami ngediriin tenda dan ngga lama mulai gelap dan we were officially ngecamp disana. Ada banyak hal yang bisa lo rasain dengan luar biasa tapi nggabisa lo deskripsiin begitu aja dengan kata kata, kira-kira begitulah keadaannya.  

Somehow, temen-temen seperjalanan lo pun memberi kesan tersendiri (yea, thats what I like about travelling things). Ada yang awalnya baik, ampe akhirpun tetep baik. Ada yang awalnya meragukan, eh ternyata baiknya setengah mati. Ada yang bentukannya kaya preman, tapi ternyata ngejagain kitanya better than satpam. Ada yang ribet. Ada yang bodo amat. Ada yang biasanya di kampus keliatan gitu-gitu aja, setelah lo ngelewatin satu malam doang sama mereka, lo jadi lumayan tau mereka mereka ini. Well, I said lumayan, karena ya…..orang, siapa yang tau, sih? #IYKWIM

Seru? Iya. Seneng? Iya. Capek? Banget. Lo bayangin aja duduk di mobil 5 jam, padahal yang nyetir bukan gue. Ga kebayang capeknya yang nyetir sih…

Btw, sayang banget kemaren nggak ada yang bawa amer orangtua..apalagi bawa congyoung -____-

Anyway, dengan hype travelling yang makin marak akhir-akhir ini, gue ngga pernah iri sama pencapaian orang lain, terutama hal-hal yang kaya gini. Maksud gue, beberapa temen gue ada yang udah sampai Lombok, ada yang ke Bali, kemanalah kemanalah tempat-tempat eksotis travelling lainnya…tapi itu nggabisa bikin gue iri, entah kenapa, padahal gue udah berusaha bayangin enak enaknya juga. Kenapa ya? Pengen kesana juga someday? Iya. Iri hati sampai ngedumel nggak karuan dan “ih si xx udah kesini dong duh enak banget ahh pengen deh duhh,” ? Nggak tuh. Menurut gue hal-hal kaya gini tuh buat dinikmati. Bukan buat lomba lombaan dipamerin kalo lo udah kesana, meskipun well, I travel for photograph..which means in the end bakal show off juga. Ya maaf deh kalo idelisme gue sebatas ini. Ya buat apa lo pamerin kalo lo bahkan nggak menikmati waktu berlibur/travelling itu sendiri? Kaya…lo tau ga istilahnya lo pergi ke Spiegel karena disana hits dan terkenal, terus begitu lo duduk disana lo langsung pegel pegel dan cursing ga keruan, “damn, ngapain sih gue kesini? Mending gue ke peacock kemana mana lah tadi.”- eh ya…semacem itu lah hehe. #KokCurhat. Nggak, gue bukan anti hits. In fact, gue juga mengikuti perkembangan kekinian kok. Cuma agak gimana gitu rasanya sama orang-orang yang milih liburannya sendiri tapi teteup aja ngedumel. Kaya misalnya orang yang milih liburan ke pantai tapi gamau main air di pinggir pantai karena takut item. TAKUT ITEM ARE U KIDDING ME??? yaudah sana lo ngadem aja di plaza senayan kalo gitu. Jadi tolong ya embak embak kekinian yang kalo mau travelling ribetnya ngalahin fitting baju nikahan, yang dari berangkat aja gayanya udah keliatan ribet dan bakal ngerepotin, yang dari berangkat aja udah ngeluh capek lah, ngantuk lah, pegel lah…..mbak, I aint envy you. Will never, meskipun travelling lo ke Maldives atau bahkan ke Kilimanjaro sekalipun. I will not envy you, well, unless you are Sashi Gandarum (idolaquuu) hehehe so yah.

Eh gue jadi keingetan quotenya ika natassa deh, 

“Travel is the simple chance of reinventing ourselves at new places where we are nobody but a stranger. (Iya, kita stranger men, however.)

Travel is the discovery of what and who we miss the most. (INDEED! kalau lo lagi berpergian kaya gini, coba duduk sendiri sebentar. Biasanya, tanpa harus dicari cari pun, orang yang begitu aja muncul dipikiran waktu kita lagi sangat bergembira ataupun sangat sibuk adalah orang yang sangat sangat kita rindukan. Tinggal denial atau enggaknya, buktiin pas elo duduk sendiri itu tadi.)

Travel is the same pair of jeans for a week and different experiences every day. (YAS!!! Dan lo oneday akan ngerasain yang namanya celana basah dan lo jemur seadanya dan harus dipakai pas lembab lembab karena mau pulang dan lo ngga ada celana lain. xixixi.)

Travel is finding new things and new people to miss.

Travel is discovering the part of yourself that you never knew existed before. 

Travel is the discovery of who misses us the most.

Travel is answering the question ‘business or pleasure’ without blinking.

 Travel is deciding who will be the last call before you take off and the first call after you landed. (Travelling biasanya berkunjung ke tempat-tempat susah sinyal macam gunung atau pantai, tau kan, perjuangannya berusaha ngasi kabar sampai sibuk nyari-nyari sinyal buat sekedar ngasi kabar sampai diledekin temen temen seperjalanan lo? -__-)

Travel is a mental and physical tolerance. (Nggak pengen kan nyusahin temen temen lo karena lo nggak enak badan atau lagi ngga mood ama sesuatu?)

Travel is learning that the journey is as memorable as the destination.

Travel is discovering that random act of kindness does exist. (YAS!!!)

Travel is not being afraid to fall in love with a complete stranger. (Mungkin nggak sekeras fall in love sih, tapi kenalan dan bergabung sama strangers disana seru juga. Apalagi di era medsos kaya gini, mau kenal lebih lanjut juga gampang).

Travel is finding out more reasons to write. And more reasons to live.

Boleh nggak? Boleh dong.

Love, G.